Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP

Kontributor : On Juli 15, 2018

Arsip berkas Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP. Download file PDF.

Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP
Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP

Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP

Kutipan teks keterangan dari isi berkas Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP:

Latar Belakang
Masa pertumbuhan siswa di usia SMP/MTs merupakan masa remaja, suatu peralihan dari anak-anak ke dewasa. Pada masa yang singkat ini, siswa mengalami perkembangan secara signifikan dalam hidupnya, bukan hanya pada fisik, namun juga emosi, sosial, perilaku, intelektual, dan moral. Banyak masalah dan benturan yang mungkin terjadi selama proses pertumbuhan dan perkembangan ini. Sehingga agar remaja dapat tumbuh secara optimal maka dibutuhkan dukungan dan kesempatan pada dirinya untuk mengembangkan diridengan disertai pendampingan dari orang dewasa yang peduli terhadap dirinya (Santrock, 2011). Guru sebagai orang dewasa terdekat setelah keluarga diharapkan dapat mendukung siswa dalam melalui proses perkembangan ini.

Di sisi lain, setiap siswa dilahirkan dengan membawa potensi. Tanpa adanya potensi tersebut, maka mustahil manusia akan mampu menjalani kehidupan yang akan dilalui yang penuh dengan tantangan, cobaan, dan halangan. Selain potensi keimanan, setiap manusia dianugrahi potensi indrawi dan tubuh atau raga secara umum, lalu potensi akal pikiran serta potensi rasa. Terkait pendidikan matematika,merupakan tugas guru matematika untuk dapat menggali dan mengidentifikasi potensi siswa guna memperlancar terjadinya proses pembelajaran.

Guru diharapkan memiliki wawasan mengenai karakteristik siswa, cara-cara menangani masalah, mengenali potensi siswa dalam belajar matematika, mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan cara mengatasinya sehingga dapat dimanfaatkan dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pengetahuan guru mengenai karakteristik siswa merupakan salah satu kompetensi pedagogis seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 tahun 2007, yaitu kompetensi inti guru: “Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual”.

Berlatar belakang dan dengan rasional di atas, maka modul ini disusun sebagai bentuk fasilitasi bagi guru guna meningkatkan wawasannya mengenai karakteristik siswa, permasalahan siswa, potensi siswa, dan kesulitan belajar siswa beserta cara mengatasinya. 

Tujuan
Modul ini disusun adalah untuk menjadi bahan belajar bagi guru atau bahan ajar pendamping bagi fasilitator terkait materi karakteristik siswa dalam program Guru Pembelajar. Tujuan belajar yang akan dicapai adalah memahami perkembangan emosi, sosial, perilaku, dan intelektual siswa, menganalisis potensi siswa dalam belajar matematika, mengidentifikasi kesiapan belajar matematika siswa, dan menjelaskan kesulitan belajar matematika siswa beserta cara mengatasinya.

Peta Kompetensi
Kompetensi yang dipelajari dalam modul ini meliputi kompentensi inti yang kemudian dijabarkan dalam Kompetensi Guru Mata Pelajaran, yakni:

Kompetensi Inti:
  1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual.

Kompetensi Guru Mata Pelajaran:
  1. Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
  2. Mengidentifikasi potensi siswa dalam pelajaran yang diampu
  3. Mengidentifikasi bekal ajar awal siswa dalam mata pelajaran yang diampu
  4. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran yang diampu

Ruang Lingkup
Ruang lingkup materi dalam modul ini meliputi:
  1. Perkembangan Emosi, Sosial, dan Intelektual Siswa
  2. Potensi dan Kesiapan Siswa dalam Belajar Matematika
  3. Kesulitan Belajar Siswa

Saran Cara Penggunaan Modul
Berikut ini beberapa saran dalam cara penggunaan dan pemanfaatan modul. 
  1. Bacalah modul ini secara runtut, dimulai dari Bab Pendahuluan hingga Evaluasinya.
  2. Lakukan semua aktivitas belajar yang terdapat pada modul.
  3. Materi di dalam modul lebih bersifat ringkasdan padat, sehingga dianjurkan untuk menelusuri literatur lain yang relevan.
  4. Setelah melakukan aktivitas belajar, kerjakan latihan dan/atau tugas yang ada. Cocokkan jawaban Anda dengan kunci dan petunjuk jawaban.
  5. Lakukan refleksi berdasarkan proses belajar yang telah dilakukan dan penyelesaian latihan/tugas. Bagian rangkuman dapat dijadikan modal dalammelakukan refleksi. Hasil refleksi yang dapat terjadi antara lain ditemukan beberapa bagian yang harus direview dan dipelajari kembali, ada bagian yang perlu dipertajam atau dikoreksi, dan lain lain.
  6. Setelah mendapatkan hasil refleksi, rencanakan dan lakukan tindak lanjut yang relevan baik dalam maupun di luar sesi program guru pembelajar.

    Download Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP

    Silahkan lihat preview dan download file pada link di bawah ini:

    Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP



    Download File:
    Modul Guru Pembelajar Matematika SMP Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP.pdf

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »