Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK

Kontributor : On Agustus 28, 2018

Arsip Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK. Download file format PDF.

Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK
Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK

Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK:

Pengembangan pendidikan SMK di Indonesia harus disertai dengan gagasan dan konsep yang meliputi segala aspek pendidikan yang efektif dan mengarah ke penyelesaian problematika yang aplikatif dan berkelanjutan. Buku ini berisi tentang konsep pengembangan SMK yang memberikan gambaran perluasan pendidikan SMK berstandar nasional hingga mengarah ke Asia Tenggara. Maraknya Isu Ekonomi Asean yang membuka luas lapangan kerja tanpa batasan di wilayah Asean, memaksa agar lulusan SMK harus bersifat unggul dan kompetitif se Asean. Hal tersebut berarti harus memadai pendidikan SMK yang kompeten serta pengajar yang bersertifi kat. Alur pembelajaran SMK harus didukung dengan proses belajar mengajar yang berlandaskan  Teaching Factory yang kuat. Metode dan media yang mendukung juga harus relevan dan efektif. Konsep yang tertulis pada buku ini berdasarkan 

Project based learning yang mempunyai produk unggulan anak bangsa dengan menjunjung tinggi kearifan lokal serta originalitas. Konsep ini tidak akan berhasil jika tidak di dukung dengan jaringan komunikasi data yang baik serta buku acuan pembelajaran yang tersedia gratis dan mudah diakses di segala kalangan stakeholder SMK. Konsep dalam buku ini juga berisi terkait perlunya sarana prasarana yang modern sesuai dengan pasar kerja serta tempat praktek yang aman dan ergonomis sehingga mampu mendukung proses belajar mengajar SMK. Tidak lupa juga pada buku ini berisi gambaran terkait pentingnya dukungan jaringan kerjasama antar stakeholder.

Buku ini diharapkan pula memacu para stakeholder di bidang pendidikan SMK mengelola perkembangan pendidikan SMK dengan sistem yang terkonsep pada buku ini untuk meningkatkan kompetensi Siswa dan tenaga pendidik. Hal tersebut menggambarkan keunggulan kompetitif yang dianggap melekat pada lulusan SMK nantinya dengan sistem pembelajaran ini diharapkan dapat dirasakan oleh stakeholder yang berhubungan dengan SMK, negara dan masyarakat luas. Lulusan yang terbaik dari berbagai sektor ilmu dalam dunia SMK menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik minat dan dukungan Terhadap perkembangan SMK.

Acuan nonmatif untuk menarik dukungan stakeholder dan dunia dan dunia industri terhadap lulusan SMK memang penting. Akan tetapi, upaya untuk meningkatkan kepercayaan stakeholder harus dibangun atas dasar pemahaman yang baik. Pemahaman yang baik merupakan sumber motivasi yang akan melahirkan lulusan SMK yang besar. Penjelasan yang menyentuh dimensi fi losofi s dari sistem ini tidak dapat dihindari untuk menggaet perhatian dunia industri yang cenderung menuntut lulusan SMK yang semakin cerdas dan semakin kritis dalam merespons dan menyikapi segala hal, terlebih lagi yang berkaitan dengan sektor keahlian masing-masing.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah barometer hasil pembelajaran di SMK. Siswa-siswa yang terpilih merupakan siswa yang terbaik menunjukkan unjuk kerja sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan. Hasil kerja dari para peserta LKS ini tidak perlu diragukan lagi dari sisi teknis dan prosedur kerja.Namun, apakah dalam melaksanakan pekerjaannya para siswa ini sudah memenuhi aspek-aspek K3 sesuai bidang keahliannya seperti yang dilakukan para pekerja di industri yang berstandar nasional dan internasional. Karena ke depan lulusan SMK akan bersaing di pasar kerja global seiring pemberlakuan pasar bebas MEA dan WTO tentu selain kompetensi yang unggul juga perlu dibekali sikap dan perilaku K3 seperti yang dinyatakan oleh ILO bahwa K3merupakan isu global yang menjadi perhatian seluruh negara di dunia. Untuk itu dalam buku ini akan disajikan hasil analisis K3 dari pelaksanaan LKS pada beberapa kompetensi keahlian khususnya bidang teknologi dan rekayasa.

Dalam buku ini akan diuraikan analisis K3 dari 22 kompetensi keahlian bidang teknologi rekayasa dari penyelenggaraan LKS 2017 di Solo dan 2016 di Malang. Setiap kompetensi keahlian dianalisis aspek K3 menggunakan kaidah 5R (Ringkas, Resik, Rawat, Rapi dan Rajin), Ergonomic Checkpoints, maupun dengan JSA (Sumber bahaya/hazard), Resiko (risk), dan Solusi (solution).

    Download Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:



    Download File:
    Buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja LKS SMK.pdf

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »