Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kontributor : On Agustus 03, 2018

Arsip Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download file PDF.

Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Revisi 2017
Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017:

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pe­ ngumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak­banyak­ nya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.

Penilaian harus memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut. Hasil penilaian akan akurat bila instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu perlu dirumuskan prinsip­ prinsip penilaian yang dapat menjaga agar orientasi penilaian tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan.

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing­masing. Kuri­ kulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal­-hal berikut:
  1. Pengertian, pendekatan dan prinsip penilaian dalam kuri­kulum 2013;
  2. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik baik penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan;
  3. Penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan.
Panduan penilaian ini mencakup konsep penilaian, penilaian oleh pendidik, dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Konsep penilaian meliputi pengertian, pendekatan, prinsip, dan penilaian dalam Kurikulum 2013. Penilaian oleh pendidik meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan peni­ laian aspek keterampilan. Pada setiap aspek meliputi pengertian, teknik, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian.

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan meliputi pengertian, lingkup, bentuk penilaian, instrumen, kriteria kenaikan kelas, keriteria kelulusan, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pe­ manfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian. 

Panduan ini diperuntukkan terutama bagi pihak­pihak berikut:
  1. Pendidik SMP sebagai pedoman dalam merencanakan, me­ laksanakan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil peni­ laian, dan menyusun rapor;
  2. Kepala sekolah dan pengawas untuk merancang program supervisi pendidikan yang berkaitan dengan penilaian oleh pendidik di sekolah; dan
  3. Pihak­-pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Hal penting yang harus diperhatikan ketika melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah KKM, predikat, remedial dan pengayaan.

    Download Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017



    Download File:
    Buku Panduan Penilaian SMP Terbaru Revisi 2017.pdf

    Sumber: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »