Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018

Kontributor : On Agustus 29, 2018

Arsip Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018. Diterbitkan oleh Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Download file Juknis format PDF dan Lampiran-lampiran dalam format .docx Microsoft Word.

Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018
Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018

Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018:

Dalam upaya penguatan keragaman budaya di masyarakat, Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Fasilitasi Komunikasi Budaya di Masyarakat (FKBM) memberikan Fasilitasi kepada Komunitas Budaya untuk melestarikan budaya mereka. Dalam implementasinya, bantuan ini digunakan untuk revitalisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya, dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Agar program ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, diperlukan adanya suatu pedoman yang mengatur tentang sasaran, mekanisme, pendistribusian, dan pelaksanaan evaluasinya. Pemanfaatan bantuan semaksimal mungkin dilakukan sesuai dengan petunjuk sebagaimana dimaksud dalam buku ini.

FKBM adalah pemberian fasilitasi dari pemerintah melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dimanfaatkan untuk revitalisasi, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya, dalam rangka pelestarian kebudayaan. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan terlaksana kegiatan revitalisasi dan memberdayakan komunitas budaya.

Tujuan Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat adalah untuk revitalisasi, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Petunjuk teknis ini digunakan untuk panduan perencanaan dan pelaksanaan FKBM agar dapat dilakukan secara transparan, partisipatif dan akuntabel.

Tema yang diangkat pada Kegiatan Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat Tahun 2018 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan adalah pelestarian:
  1. Tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat dan ritus atau; 
  2. Pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, permainan rakyat, dan olahraga tradisional atau;
  3. Seni

Sasaran Program Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat adalah Komunitas Budaya di wilayah Indonesia, terdiri atas :
  1. Keraton; Keraton adalah organisasi sosial-politik-budaya yang dipimpin oleh Raja/Sultan/Sunan/Penembahan atau sebutan lain, yang terpilih secara genealogis, yang menjalankan fungsi sebagai pusat pelestarian (perlindungan, pengembangan, pemanfaatan) adat budaya dan nilai sosial budaya yang terkandung didalamnya, serta mengayomi lembaga dan anggota masyarakat.
  2. Komunitas Adat; Komunitas Adat adalah kesatuan sosial yang memiliki kesadaran wilayah sebagai daerah teritorial dan identitias sosial dalam berinteraksi berdasarkan nilai, norma, aturan adat baik tertulis dan/atau tidak tertulis. 
  3. Lembaga Adat; Lembaga Adat adalah organisasi kemasyarakatan formal yang bertujuan untuk melestarikan (perlindungan, pengembangan, pemanfaatan) nilai, norma dan aturan (tradisi) yang berlaku dalam kehidupan masyarakat pendukungnya.
  4. Sanggar Seni; Sanggar adalah organisasi kemasyarakatan formal yang bertujuan untuk melestarikan (perlindungan, pengembangan, pemanfaatan) nilai budaya, kesenian tradisional, norma dan aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
  5. Organisasi Penghayat Kepercayaan; Organisasi Penghayat Kepercayaan adalah wadah berhimpunnya para penghayat kepercayaan dalam rangka melaksanakan ajarannya. Adapun penghayat kepercayaan adalah setiap orang yang mengakui dan meyakini nilai-nilai penghayatan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Komunitas Tradisi; Komunitas Tradisi adalah wadah berhimpunnya masyarakat dengan berbagai latar belakang yang spesifik dalam rangka melestarikan tradisi yang hampir punah.

Penerima FKBM harus memenuhi kriteria :
  1. Strategis-potensial bagi penguatan jatidiri dan pembentukan karakter, dan ketahanan budaya bangsa;
  2. Mengalami degradasi budaya (fisik dan/atau non-fisik);
  3. Mengalami keterbatasan dalam mengekspresikan budaya;
  4. Memiliki kegiatan budaya yang khas dan dilaksanakan secara rutin;
  5. Berbentuk organisasi formal;
  6. Memiliki kegiatan yang bercirikan atau mencerminkan tema sebagaimana tertera pada Bab I Sub D, dibuktikan dengan dokumen (rekomendasi/piagam/sertifikat) dari dinas yang membidangi kebudayaan setempat/swasta/asosiasi/pihak terkait sebagai apresiasi kepada komunitas budaya;
  7. Komunitas budaya yang dikelola secara publik;
  8. Belum pernah mendapatkan bantuan pemerintah FKBM sebelumnya. 

Dalam Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018 ini berisi beberapa berkas lampiran-lampiran yang bisa anda unduh dalam format file yang siap edit yaitu format .docx Microsoft Word. Daftar lampiran-lampiran tersebut diantaranya:
  • Lampiran 1 : Surat Permohonan Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat
  • Lampiran 2 : Proposal Ringkas Permohonan FKBM
  • Lampiran 3 : Sistematika dan Lampiran Proposal FKBM
  • Lampiran 4 : Profil Komunitas Budaya
  • Lampiran 5 : Surat Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Fasilitasi
  • Lampiran 6 : Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik Internal
  • Lampiran 7 : Surat Pernyataan Tidak Terkait dengan Partai Politik
  • Lampiran 8 : Berita Acara Pembayaran FKBM
  • Lampiran 9 : Surat Perjanjian Pemberian FKBM
  • Lampiran 10 : Kuitansi Pembayaran FKBM
  • Lampiran 11: Surat Pemberitahuan Perubahan RAB
  • Lampiran 12 : Contoh Format Laporan Pembukuan Fasilitasi
  • Lampiran 13 : Label Barang FKBM
  • Lampiran 14 : Sistematika Laporan Akhir Pelaksanaan Fasilitasi
  • Lampiran 15 : Laporan Penyelesaian Pekerjaan
  • Lampiran 16 : Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja
  • Lampiran 17 : Berita Acara Serah Terima

    Download Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018 ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:

    Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018



    Download File:

    Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018.pdf
    Lampiran-Lampiran - Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2018.docx

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »