Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia

Arsip Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2017. Download file format PDF.

Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia
Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia

Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia:

Kebijakan pemindahan pengelolaan SMK dari kabupaten/kota ke provinsi disambut positif oleh sebagian besar ekosistem pendidikan menengah kejuruan, dan optimis dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Dampak positif dari kebijakan pemindahan pengelolaan SMK dari kabupaten/kota ke provinsi antara lain: pengelolaan pendidikan lebih fokus dan efisien, pemerataan mutu pendidikan lebih baik.

Dampak negatif dari kebijakan pemindahan pengelolaan SMK dari kabupaten/kota ke provinsi, salah satunya jalur koordinasi untuk setiap pelayanan publik yang semakin jauh. Namun jauhnya jalur koordinasi ini menurut responden dapat disiasati dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi (IT), atau adanya kantor perwakilan untuk pelayanan publik di setiap kabupaten/kota.

Pemenuhan guru produktif SMK melalui alih tugas semestinya dilaksanakan didasarkan pada kebutuhan guru tertentu di suatu daerah dan tetap mempertahankan aspek aksesibilitas guru dalam melaksanakan tugas di satuan pendidikan yang baru.

Pemenuhan guru produktif SMK melalui program keahlian ganda yang sudah berjalan belum optimal dalam sistem rekruitmen, karena pemilihanh bidang keahlian/jurusan dibebaskan kepada calon peserta, bukan berdasarkan kebutuhan, bakat, maupun kedekatan kualifikasi akademik. 

Untuk mengoptimalisasi implementasi UU No 23 Tahun 2014, diharapkan segera dibuat regulasi melalui perda/pergub khususnya tentang tata kelola guru SMK.

Untuk optimalisasi koordinasi, perlu dibentuk Tim Koordinasi tata kelola guru SMK untuk setiap kab/kota atau eks karesidenan.

Pemenuhan guru produktif melalui alih tugas, harus memperhatikan aspek pemerataan, peningkatan kualitas, kesesuaian kompetensi, kebutuhan, maupun aksesibilitas tinggi ke satuan pendidikan baru.

Pemenuhan guru produktif melalui keahlian ganda, perlu diperhatikan masalah rekruitmen yang disesuaikan dengan kompetensi dan kebutuhan.

Perlu dioptimalkan partnership antara pemerintah provinsi dan satuan pendidikan dengan dunia usaha/industri.

    Download Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:

    Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia



    Download File:
    Buku Serial Revitalisasi SMK Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Belum ada Komentar untuk "Tata Kelola SMK dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel