Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa

Kontributor : On Oktober 27, 2018

Berikut ini adalah berkas Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Bidang politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Tahun 2017. Download file format .pdf.

Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa
Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa

Keterangan:
Di bawah ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa.

Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa (Dilengkapi 45 Sifat Karakter Bangsa) Dalam Bentuk Tanya - Jawab.

Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa yang disusun oleh Arief Poerboyo Moekiyat yang pada saat buku ini disusun menjabat sebagai Deputi VI/Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa -Kemenko Polhukam RI.

Kita semua mengetahui bahwa dunia terus-menerus berubah, dan di era teknologi informasi masa kini, perubahan tersebut menjadi sangat cepat serta dinamika yang terjadi akibat perubahan sangat cepat itu sulit ditebak hasilnya. Kita di Indonesia tidak lepas dari perubahan tersebut yang lebih tepat kalau disebut sebagai proses transformasi karena menyangkut perubahan sendi-sendi yang paling hakikat dari bangsa kita. Transformasi adalah bagian dari kehidupan manusia dan terjadi terus-menerus dan terjadi di berbagai tahap kehidupan, baik sebagai individu atau bagian dari masyarakat.

Sering transformasi didefinisikan sebagai pengalaman yang selalu berlangsung (on-going process) mirip gerakan siklus yang dimulai dengan pertemuan yang menyebabkan terjadinya rasa tidak nyaman, terkadang ada ketegangan serta gangguan dan dari itu sering muncul dalam diri kita berbagai pertanyaan lalu diikuti oleh refleksi diri tentang pengalaman hidup yang dilaluinya. Karena itulah para pakar sering pula menyatakan bahwa transformasi adalah sebuah proses perubahan yang berjangka panjang (far-reaching changes) yang berdampak pada format atau bentuk institusi tersebut.

Pada sisi lain, kita sadar bahwa sebagai sebuah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku, bermacam adat-istiadat, beragam budaya lokal serta agama-agama dan kepercayaan kita selalu menghadapi tantangan yang multi-kompleks karena memang merupakan sebuah berkah bagi kita bahwa kemajemukan merupakan kekayaan dan kekuatan tetapi juga sekaligus adalah tantangan serta ancaman kita. Tantangan tersebut sangat terasa pada saat-saat bangsa Indonesia membutuhkan kebersamaan dan persatuan dalam situasi dimana unsur perpecahan dan kekerasan muncul serta mengancam eksistensi NKRI.

Buku ini disusun sebagai upaya menanamkan kembali rasa kebangsaan, semangat kebangsaan dan komitmen kebangsaan yang kuat. Pemantapan itu dapat dilakukan melalui pendidikan, keteladanan dan sosialisasi. Alat atau tools untuk melakukan sosialisasi salah satu yang terpenting adalah pedoman tertulis dalam bentuk buku sehingga proses tersebut bisa dilakukan dalam waktu lebih singkat, lebih massif dan lebih terukur. Buku berjudul Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa ini disusun dalam format yang mudah dibaca dan dicerna karena menggunakan metoda tanya-jawab maka optimis bahwa ini akan memberi kontribusi besar bagi proses pemantapan wawasan kebangsaan di Indonesia.

Pemantapan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa pada gilirannya dapat memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan sekaligus untuk mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai bagian dari Nawa Cita pemerintahan Presiden.

Penerbitan buku ini dapat dipandang sebagai pentingnya kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk mengaktualisasi pemantapan wawasan kebangsaan.

Jawaban atas pertanyaan dalam buku ini tidak bersifat indoktrinasi dan bukan merupakan tafsir yang baku, mengingat semua ini berasal dari nilai-nilai Pancasila, dimana Pancasila adalah dasar negara dan ideologi terbuka (open ideology, living ideology), serta bukan dogma yang statis dan menakutkan. Pancasila diletakkan secara terhormat, menjadi sumber pencerahan, menjadi sumber inspirasi, dan sekaligus sumber solusi atas masalah-masalah yang hendak kita pecahkan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Selengkapnya silahkan lihat atau download berkas Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa di bawah ini.

File Preview:

Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa



Download:
Buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan Bangsa.pdf

Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id 

Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »