Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD

Kontributor : On Oktober 14, 2018

Jurnal mengenai Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD. Download file format .pdf.

Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD
Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD

Keterangan:
Berikut ini beberapa catatan penting (kutipan teks/keterangan) dari isi Jurnal Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD.

Peristiwa-peristiwa yang menunjukkan meningkatnya kasus kenakalan remaja yang muncul dewasa ini, baik dari segi jumlah mapun kualitas, dapat dijadikan sebagai indikator menurunnya etika, moral dan karakter anak bangsa. Fenomena ini, tentu saja, tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan, terutama pendidikan di sekolah. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, dewasa ini pemerintah menggalakkan penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk mengatasi permasalahan yang ada. Permasalahan tersebut juga menjadi dasar penyempurnaan kurikulum. Kurikulum 2013 yang diberlakukan saat ini merupakan usaha pemerintah dalam membenahi sistem pendidikan yang ada. Penyempurnaan dilakukan dengan merubah standar isi dan standar penilaian. Harapan pemerintah dengan perubahan kuriklum dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menyiapkan generasi emas 2045 untuk menghadapi tantangan global. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat terwujud dengan berlatih melalui pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah melalui pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Bermakna bagi peserta didik yaitu pembelajaran berdasarkan pengalaman. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang berdasarkan tema, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna bagi peserta didik.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan usaha pemerintah untuk membenahi sistem pendidikan. Karakter adalah pondasi utama yang merupakan tujuan pendidikan. Pembenahan sistem pendidikan juga dilakukan dengan melakukan penyempurnaan kurikulum. Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini dengan melakukan perubahan pada standar isi dan standar penilaian. Perubahan ini membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) guna mempersiapkan generasi emas 2045 yang mampu menghadapi segala tantangan abad 21.

Pembelajaran dengan standar HOTS dapat tercapai melalui pembelajaran yang kontekstual dan bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik integrative yang sesuai dengan pembelajaran kontekstual dan bermakma karena pembelajaran tematik menggunakan tema sehingga lebih mudah dipelajari peserta didik. Tema yang diangkat adalah tema dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

Pengembangan pembelajaran dengan HOTS berbasis PPK karena memberikan beberapa keuntungan bagi peserta didik, antara lain: informasi yang dipelajari dan diproses melalui proses berpikir tingkat tinggi menguatkan ingatan terhadap informasi tersebut, dan lebih jelas dibandingkan dengan informasi yang diproses dengan LOTS (Low Order Thinking Skills), misalnya menghafal. Sebagai contoh menghafalkan rumus dengan menjelaskan penurunan rumus atau perbedaan antara mengingat definisi suatu kata baru dengan menginternalisasi strategi. Dengan pembelajaran HOTS peserta didik tidak hanya menghafal tetapi juga memahami dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya silahkan lihat preview Jurnal mengenai Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD, di bawah ini.


File Preview:

Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD



Download:
Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD.pdf

Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »